PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM MAHASISWA SEMESTER V PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA TAHUN AKADEMIK 2017/2018

  • Vinsensia H. B. Hayon Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Widya Mandira Kupang
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Aktivitas, Produk, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek berfokus pada prinsip dan konsep inti dari suatu disiplin ilmu, melibatkan mahasiswa dalam investigasi pemecahan masalah dan kegiatan-kegiatan tugas bermakna yang lain. Pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja secara otonom dalam mengontruksi pengetahuan mereka sendiri, dan mencapai puncaknya untuk menghasilkan produk nyata. Adapun masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas, hasil belajar, dan produk hasil karya mahasiswa semester V tahun akademik 2017/2018 dalam perkuliahan Telaah Kurikulum Sekolah Menegah yang menerapkan Pendekatan Berbasis Proyek. Analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif. Aktivitas mahasiswa dihitung berdasarkan setiap aspek tingkah laku yang muncul selama kegiatan perkuliahaan. Hasil belajar mahasiswa dinyatakan dalam skor yang merupakan perbandingan antara hasil yang diperoleh mahasiswa terhadap skor maksimal dikalikan 100%. Penilaian dilakukan dengan menerapkan assesment autentik. Aspek yang dinilai meliputi nilai LKS, RPP, Bahan ajar dan Alat Evaluasi, nilai PPT, nilai presentasi, dan nilai nilai Keterampilan Menggunakan alat dan Bahan. Hasil karya mahasiswa diidentifikasi secara kualitas dan kuantitas. Kuantitas ditetapkan dari jumlah berbagai aspek telaah Kurikulum Sekolah Menengah yang harus dibuat sesuai tuntutan mata kuliah, Kualitas dinilai dari berbagai aspek, meliputi Kerapian dan Tampilan Fisik, kebenaran Konsep, PPT, keterampilan Mengguanakan Alat dan Bahan dari hasil karya yang dikerjakan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah aktivitas mahasiswa semester V tahun akademik 2017/2018 dalam perkuliahan Telaah Kurikulum Sekolah Menengah yang menerapkan Pendekatan Berbasis Proyek antara lain mendengar, bertanya, menjawab, mengamati demonstrasi, mengamati PPT, berdiskusi, mempresentasikan, menyimpulkan. Kegiatan mahasiswa di luar kelas antara lain: mengidentifikasi alat dan bahan, memilih KI, KD dan buku sumber yang relevan, membuat LKS, RPP, Bahan Ajar dan Alat Evaluasi, membuat dokumentasi pengerjaan produk, membuat bahan presentasi, membuat PPT, dan menyiapkan alat dan bahan percobaan untuk dipresentasikan. Proporsi hasil belajar mahasiswa rata-rata adalah dengan 0,822 dengan kategori sangat memuaskan. Produk hasil karya yang dihasilkanadalah 10 buah perangkat pembelajaran meliputi : RPP, LKS, bahan ajar, dan alat evaluasi. Produk lain yang dibuat oleh mahasiswa dan dinilai adalah PPT, dan presentasi percobaan yang dirancang dalam LKS. Mahasiswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran akan berpikir dan merespon informasi yang diterimanya. Untuk itu disarankan agar dalam kegiatan perkuliahan dosen mengoptimalkan aktivitas mahasiswa dengan berbagai cara.

Published
2018-09-17