PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PASAR KADELANG, KABUPATEN ALOR, PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Pendekatan Servqual

  • ELIA MARULI
Keywords: Tangible, Reliability, Responsiveness, Empathy, Kepuasan Pengguna Jasa Pasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan pengguna jasa Pasar Kadelang, Kabupaten Alor, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan  variabel, 4 variabel bebas yaitu tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), empathy (peduli), dan 1 variabel terikat, yaitu Kepuasan Pengguna jasa pasar. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan sumber data yang dugunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung berdasarkan target populasi dan jumlah sampel yang telah ditentukan, dan data sekunder diperoleh dengan cara mengumpulkan data, dokumen atau laporan yang mendukung hasil penelitian, pengumpulan data dapat diperoleh dari pihak perusahaan atau pihak yang berkaitan dengan penelitian. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa secara simutan dan parsial terdapat pengaruh antara tangible, reliability, responsiveness,  empathy   terhadap Kepuasan Pengguna jasa pasar, dan reliability memiliki pengaruh yang dominan terhadap Kepuasan Pengguna jasa pasar kadelang.

Published
2018-05-03
Section
Articles