KOMODIFIKASI MADURA UNITED FOOTBALL CLUB DALAM PEMBERITAAN HARIAN PAGI KABAR MADURA

  • Rosnindar Prio Eko Rahardjo Universitas Airlangga Surabaya
Keywords: Madura United, Kabar Madura, Komodifikasi, Politik Ekonomi Media

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak komodifikasi Madura United Football Club dalam pemberitaan di Harian Pagi Kabar Madura. Keberadaan Madura United Football Club yang merupakan klub sepak bola asal Madura dan menjadi ikon baru Madura secara langsung meningkatkan kondisi budaya, sosial dan ekonomi masyarakat Madura. Dengan penelitian ini diharapkan peningkatan kondisi budaya, sosial, dan ekonomi masyarakat Madura semakin masif dan signifikan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mengungkapkan suatu masalah mengenai bentuk komodifikasi dalam proses penerbitan berita-berita tentang Madura United Football Club di Harian Pagi Kabar Madura. Objek penelitian adalah dampak berita-berita tentang Madura United Football Club terhadap kondisi budaya, sosial, dan ekonomi masyarakat Madura. Hasil penelitian membuktikan bahwa telah terjadi bentuk-bentuk komodifikasi yaitu dalam bentuk komodifikasi khalayak dan komodifikasi pekerja. Dalam hal ini berita-berita terkait Madura United Football Club telah diubah menjadi komoditas berdasarkan selera pasar

Published
2018-06-23