KAJIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK KANTOR BERSAMA SAMSAT KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI

  • Ida Ayu Nuh Kartini Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: kepuasan pelanggan, kinerja pelayanan

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan kinerja pelayanan di KB Samsat Ngawi Widodaren dan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat secara berkala. Pengukuran pelayanan yang digunakan adalah melalui metode SERVQUAL sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Metode analisis dilakukan secara diskriptif kualitatif, dengan teknik analisis Cross Tabulasi, dan secara kuantitatif dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil penilaian IKM di Samsat Kedunggalar Kabupaten Ngawi menunjukkan nilai 76,61 yang berarti baik dan perlu terus ditingkatkan untuk mendapat nilai lebih baik dan mendekati harapan masyarakat pengguna jasa layanan.

Published
2018-06-14