SISTEM INFORMASI PENJUALAN TENUNAN ALOR BERBASIS WEB (E-COMMERCE)

  • Jon Idrison Molina
  • Lasarus Pelipus Malese
Keywords: Sistem, E-commerce, Digitisasi, Incremental, Interaktif

Abstract

Tujuan penelitian untuk menghasilkan sistem informasi penjualan berbasis web ECommerce sebagai sarana untuk memperluas pangsa pasar melalui transformasi proses bisnis kearah digitisasi, mobilitas modal dan liberalisasi produk dan jasa. Metode analisis perluasan pasar menggunakan analisis kesempatan pasar, dan menggunakan perancangan model bisnis, antarmuka pelanggan, komunikasi pasar dan rancangan implementasi. Perancangan aplikasi menggunakan model incremental development dengan pendekatan berorientasi objek. Untuk deskripsi pemodelan sistemnya menggunakan diagram use case, sequence dan class. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya pelayanan penjualan tenunan Alor terhadap pelanggan tenunan. Hal ini terlihat dari hasil pengujian dengan metode FGD yang telah dilaksanakan dengan peserta dari perwakilan administrator dan pelanggan semuanya menyatakan bahwa spesifikasi kebutuhan fungsional secara keseluruhan dapat diterima yaitu dengan persentase sebesar 96% dalam kategori Sangat Layak. Pengukuran uji kualitas terhadap Sistem Informasi Penjualan Tenunan Alor Berbasis Web (e-commerce) yang dihasilkan dengan menggunakan ISO 9126 berdasarkan empat karakteristik ( functionality, reliability, usability, dan efficiency ). Tingkat kualitas berdasarkan empat karakteristik untuk uji tingkat kualitas perangkat lunak Sistem Informasi Penjualan Tenunan secara keseluruhan dalam kriteria Sangat Layak, dengan persentase 84,24%. Aspek kualitas tertinggi adalah berdasarkan aspek Functionality dengan persentase sebesar 86,43%, selajutnya aspek Usability dengan 85,94%. Aspek Effeciency dengan persentase sebesar 80,00%, sedangkan aspek kualitas terendah adalah dari aspek Releability dengan persentase sebesar 81,00%.

Published
2019-08-29